Membuat ARC keluarga

Spread the love
Setelah saya dan keluarga tinggal di Taiwan mulai tanggal 18 Agustus saya segera memperbarui alamat ARC saya yang sebelumnya masih tinggal di dormitory kampus. Proses pergantian ARC yang baru dengan perubahan alamat ini memakan waktu dua minggu. Sebenarnya saya sudah mempersiapkan dokumen medical checkup untuk persyaratan untuk membuat ARC waktu di Indonesia tapi ada karena sesampainya di Taiwan dokumen tersebut sudah kadaluarsa kami harus tes kesehatan lagi di Taiwan. Berikut ini adalah syarat membuat ARC untuk anggota keluarga yang ikut ke Taiwan:
1.       Foto berwarna background putih ukuran 5×5 satu lembar
2.       Passport asli dan foto copy halaman identitas dan halaman visa
3.       Buku nikah, fotocopy dan legalisir depag,teto dan kemenkumham, kemenlu
4.       Hasil medical checkup dari rumah sakit.
5.       ARC pembawa (yang sudah satu tahun di Taiwan dan sudah diperpanjang)
6.       Pasport Pembawa (untuk ditunjukkan saja)
7.       Akta lahir untuk anak yang dilegalisir
8.       Sertifikat imunisasi lengkap dan diterjemahkan dan legalisir
Ukuran foto berwarna dengan background putih tersebut berukuran lima kali lima centimeter sesuai dengan kolom foto yang tertera di formulir aplikasi pembuatan ARC. Sebenarnya kami tidak mempersiapkan foto tersebut di Indonesia. Yang ada Cuma foto ukuran 4×6 cm. karena tidak ada kururan yang sesuai saya kemudian memotong bagian panjang foto ukuran 4×6 tersebut sehingga menjadi ukuran 4×5 cm. setelah itu saya tempel foto tersebut di formulir. Sepertinya hal itu tidak jadi masalah karena sampai akhir aplikasi hal itu tidak dipermasalahkan oleh petugas imigrasi.
Paspor asli untuk anak dan istri wajib dibawa saat mengajukan aplikasi ARC. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana visa dependent bisa mengajukan visa resident, untuk saaat ini visa anak dan istri saya masih tertulis visa visitor dengan masa berlaku 60 hari. Walaupun demikian kami bisa mengajukan ARC dengan menambah biaya konversi visa visitor dengan visa residence. Paspor dan visa harus difotokopi, masing –masing satu lembar. Paspor pihak yang membawa cukup ditunjukkan saja beserta kartu ARC saya yang sudah diperpanjang satu tahun.
Proses pengajuanvisa saya waktu di indonesia menggunakan jasa agen sehingga proses legalisir dibantu oleh agen. Hal ini cukup membantu bagi mahasiswa yang tempat tinggal asalnya jauh dari jakarta atau surabaya. Legalisir di TETO, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar negeri semuanya dikerjakan oleh agen. Hanya legalisir buku nikah saja yang saya lakukan sendiri karena hal ini mudah dilakukan di kecamatan dekat tempat tinggal.
Hasil medical checkup perlu untuk dilampirkan saat mengajukan ARC. Medical checkup bisa dilakukan di Indonesia atau di Taiwan. Untuk biaya tidak jauh berbeda. Hanya saja setiap orang punya pertimbangan lain seperti lokasi klinik atau rumah sakit yang terdaftar di TETO mudah dijangkau dari tempat tinggal atau tidak. Masa berlaku hasil pemeriksaan kesehatan ini adalah 3 bulan sejak diterbitkan. Dikarenakan hasil medical checkup anak dan istri saya sudah kadaluarsa sewaktu pengajuan ARC maka kami harus melakukan pemeriksaan lagi di Taiwan. Kami memilih Taipei City Hospital cabang Heping yang lokasinya dekat dengan imigrasi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini hanya diperlukan untuk istri dan anak pertama saya yang usianya lebih dari 6 tahun. Biaya medical checkup untuk istri 1270 NT dan anak 900 NT. Untuk anak kedua saya tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan karena berusia di bawah 6 tahun. Cukup melampirkan sertifikat imunisasi lengkap yang sudah terjemahkan dan dilegalisir seperti dokumen lainnya.
Syarat yang terakhir untuk ARC anak adalah akta kelahiran. Dokumen akta kelahiran ini juga perlu dilegalisir dan difotokopi sebagai kelengkapan dokumen. Sewaktu pengajuan visa kunjungan keluarga ke taiwan dokumen yang sudah dilegalisir cukup difotokopi lagi seperti akta nikah ini karena dokumen yang asli ada stempel legalisir masih bisa disimpan. Biasanya petugas imigrasi akan memeriksa kelengkapan dan kesesuai data yang diisikan dalam formulir termasuk memastikan tanggal pernikahan dan kelahiran anak.
Setelah selesai semua dokumen diperiksa dan diverifikasi oleh petugas imigrasi maka kita harus membayar 1000 NT ditambah 2200 NT sehingga total 3200 NT. 1000 NT adalah biaya pembuatan ARC, sedangkan 2200 adalah biaya tambahan yang dikenakan karena pengajuan ARC dari visa visitor. Setelah selesai membayar biaya tersebut saya mendapatkan bukti pembayaran dan aplikasi ARC untuk anak dan istri. ARC ini bisa diambil setelah dua minggu lagi di kantor imigrasi atau bisa juga dikirimkan dengan membeli amplop khusus yang tersedia di kantor pos.

Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *