Cara Pendaftaran Pelatihan Kerja Gratis dari Kementerian Tenaga Kerja RI

Kementerian Tenaga Kerja RI telah memberikan layanan pelatihan gratis bagi warga negara Indonesia melalui laman Lembaga Pelatihan. Layanan ini dapat dinikmati oleh warga negara yang mempunyai KTP. Berikut ini adalah tata cara pendaftaran akun untuk pelatihan gratis tersebut.

Cara Pendaftaran Pelatihan Kerja Gratis 

  • Kunjungi laman Lembaga Pelatihan
  • Bila kamu belum punya akun, silakan daftarkan diri kamu terlebih dahulu, dengan mengisi; nomor induk kependudukan (No.KTP), nama Ibu kandung, alamat email, nomor handphone, password.
  • Setelah itu, pilih “peserta pelatihan” untuk kamu melakukan pendaftaran
pendaftaran pelatihan kerja

  • Isi form pendaftaran dengan lengkap, dari alamat tempat tinggal hingga pendidikan terakhir.
pendaftaran pelatihan

  • Pilih program pelatihan kerja yang ingin kamu ikuti.
  • Bila nanti kamu lolos seleksi, melalui email kamu akan diinformasikan kapan dan dimana program pelatihan akan berlangsung.

Baca juga:  6 Perusahaan RI Masuk Daftar Tempat Kerja Terbaik di Dunia, Adakah Kantormu?

Program Pelatihan Kerja Gratis 2019 yang Dibuka BBPLK Bandung

Dalam laman www.pelatihan.kemnaker.go.id di bulan Oktober 2019, BBPLK (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Bandung membuka beberapa lowongan pelatihan atau training, seperti:

Kelas untuk Belajar Perawatan Mesin Perkakas

  • Pada kelas ini kamu akan belajar membaca gambar teknik, menggunakan alat ukur ,menggunakan perkakas tangan, melakukan pemeliharaan mesin perkakas secara preventif dengan pemeliharaan yang terencana, membongkar mesin, mendiagnosa kesalahan /kerusakan, melakukan perbaikan, memasang komponen, melepas dan memasang seal, dan meleveling komponen mesin. 

Belajar Memahami Precision Tools 

  • Dengan mengikuti kelas ini, kamu akan memiliki kompetensi untuk membuat alat- alat manufaktur yang presisi, menggunakan mesin bubut dan mesin frais, alat potong, alat bantu atau perkakas tangan, serta memahami acuan gambar teknik.
  • Tak hanya itu kamu juga belajar menggunakan alat ukur dan mesin gerinda yang benar, sesuai prosedur, langkah kerja yang mengutamakan keselamatan kerja baik diri-sendiri, alat maupun lingkungannya.
program pelatihan kerja
apclearning.com

Program Pelatihan Drafter Mesin

  • Setelah mengikuti pelatihan kerja gratis dari BBPLK Bandung ini peserta diharapkan bisa membuat gambar teknik dengan menggunakan CAD (Computer Aided Drawing) yang meliputi persiapan piranti sistem CAD, pembuatan gambar-gambar 2D dan 3D, penyimpanan file, serta pemanfaatan hasil gambar sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Pembuatan Press Tool

  • Bila mengikuti kelas ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk  membuat produk berupa press tool yang berkualitas, dengan menggunakan mesin gerinda, mesin bubut dan mesin frais, alat potong, alat bantu/ perkakas tangan.
  • Tentunya hal tersebut dibuat dengan acuan gambar teknik, alat ukur yang benar, sesuai prosedur dan langkah kerja yang mengutamakan keselamatan kerja baik diri-sendiri, alat maupun lingkungannya.

Belajar Membuat Sheet Metal 

  • Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu membuat produk dari lembaran-lembaran plat dengan menggunakan perkakas tangan, serta bisa melakukan pembentukan, pelengkungan, penekukan, dan soldering.

Servis Sepeda Motor

  • Peserta akan belajar cara melakukan perbaikan, servis dan pemeliharaan sepeda motor Karburator secara benar dan sesuai dengan SOP.

Spooring Balancing

  • Peserta akan diajarkan membaca dan mamahami gambar teknik, menggunakan alat ukur, mengerti pembongkaran mesin dan cara untuk memperbaikinya.
  • Setelah mengikuti kelas ini, peserta diharapkan mampu menjadi mekanik spooring balancing di bengkel mobil.

Untuk program pelatihan kerja gratis lainnya dari BBPLK Bandung, bisa kamu buka pada Lembaga Pelatihan. Baca juga:  Pelatihan Kerja Gratis dari Pemerintah 2020.

__Terbit pada
Februari 3, 2020
__Kategori
Lowongan, Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *